Fenomena yang terjadi untuk petani walet pemula adalah sibuk nya mencari Suara Panggil (SP) dan Suara Inap (SI). Tidak sedikit pemula walet terjebak pada suara yang tidak cocok dengan tempat Rumah Burung Walet (RBW) berada dan akhirnya sering gonta-ganti suara. Suara walet terbaik dan sangat baik di suatu tempat terkadang tidak cocok di tempat lainnya. Apalagi jika sudah berbeda pulau, tentu jenis walet nya pun berbeda. Akan tetapi walau di benua atau negara manapun walet tetaplah walet.

Suara walet yang respon dan tidak respon juga terkadang bergantung pada iklim serta bergantung juga pada musim waletnya. Iklim atau cuaca panas terkadang walet jarang terbang rendah dan lebih suka terbang tinggi di langit. Berbeda saat cuaca mendung atau musin penghujan, walet cenderung terbang lebih rendah.
Pada Musim walet kawin terkadang juga SP yang di pakai berbeda dengan pada saat walet mengeram/menetaskan telur. Akan tetapi pada dasarnya semua suara tetaplah suara walet. Jadi jangan terlalu di pusingkan dengan musim iklim dan lain sebagainya.

Kunci nya hanya 1, jika walet sudah ngumpul di Lubang Masuk Burung (LMB) pada saat suara tersebut di bunyikan maka suara tersebut cocok untuk wilayah anda. Jangan pernah mengubahnya sampai walet sudah tidak mau bermain lagi di LMB. Jika sudah tidak ada walet yang kumpul maka anda bisa saja mengganti nya dengan suara lain.

Jika walet sudah kumpul di LMB namun tidak masuk ke RMB dan menginap , maka Faktor lain yang harus di benahi adalah RBW tersebut. Apa yang perlu di benahi ? yaitu :
Lubang Masuk Burung
Suhu dan kelembapan
Cahaya terlau terang
Sekat di dalam gedung
Lubang Void
Suara Tarik
Suara Inap
Letak Twitter.
Gangguan Hama
Untuk pembahasan detail mengenai beberapa point diatas , mungkin akan di bahas pada artikel berikutnya. Nah kali ini silakan pilih suara walet terbaik yang mungkin cocok di wilayah anda :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel